Sekelumit Cerita Tasyakuran Zaki di Kampung Kuwarto

0
419

Nama lengkapnya Zaki Fadil Ashar. 13 Februari tahun ini usianya genap tujuh tahun. Karena itu, orang tuanya mengadakan tasyakuran sekaligus selametan. Tasyakuran lantaran kehadirannya ditengah-tengah keluarga tiada lain merupakan karunia Tuhan. Dan do’a selametan karena orang tuanya sadar bahwa selain karunia Tuhan, Zaki (begitu nama panggilannya) sekaligus juga titipan-Nya, sehingga diharapkan semoga Dia yang menitipkan senantiasa melindungi, memberi kesehatan, kemudahan dan menjadikannya anak yang sholeh. Amin.

Dengan menu utama papeda, acara tasyakuran dan doa selametan untuk Zaki, senin malam kemarin diadakan di pemukiman muslim suku Kokoda di Kurwato. Acara yang sangat sederhana itu didesain oleh sang ayah. Yaitu bapak Saifuddin Ashar. Do’a dipimpin oleh bapak Imam Hamzah Edoba, salah satu tokoh suku Kokoda di Kurwato.

Zaki tak punya darah suku Kokoda. Begitu pula kedua orang tuanya. Ayah dan ibunya asli orang Jawa, yaitu Jawa Timur. Tinggalnya di Papua pun tidak di Kurwato. Selain ingin berbagi dengan anak-anak suku Kokoda, acara kelahiran Zaki diadakan di Kurwato karena orang tuanya ingin menanamkan rasa syukur sekaligus rasa kepedulian terhadap sesama manusia kepada Zaki.

Orang tuanya berharap, dengan melihat kehidupan anak-anak suku Kokoda di Kurwato, Zaki dapat bersyukur ternyata masih banyak anak-anak yang bajunya jelek. Tidak bersandal atau bertelanjang kaki sepanjang hari. Mandinya di kolam yang airnya asam. Rumahnya bolong-bolong dan banyak lagi kekurangan-kekurangan.

Dengan demikian, semoga tertanam dalam jiwanya rasa kepedulian terhadap sesama. Mau berbagi. Tidak diskriminasi dan tidak membeda-bedakan warna kulit, bentuk rambut, suku ataupun asal-usul. Semua sama saja manusia. Makhluk ciptaan Tuhan yang harus diperlakukan sama.

Selain anak-anak TPA, acara senin malam kemarin juga dihadiri oleh beberapa tokoh setempat dan sebagian masyarakat. Bertempat di bangunan bakal Asrama dan TPA yang masih dalam proses pembangunan, selepas do’a, acara dilanjutkan dengan pemutaran film sejarah Nabi Muhammad SAW. Dengan mengetahui sejarah Nabi, semoga anak-anak suku Kokoda dapat meneladani. Amin.

Untuk Zaki, semoga cita-citamu yang ingin menjadi ustadz, oleh-Nya diijabahi. Amin.

Akhirnya, terimakasih banyak kepada keluarga bapak Ayah Saif yang telah sudi berbagi dengan anak-anak TPA suku Kokoda di Kurwato. Semoga Allah SWT melipatgandakan dan mencatatnya sebagai bekal di akhirat kelak. Amin.

#SantriGoesToPapua #ppmAswaja #LTN_NU #muslimPapua #peduliPapua

LEAVE A REPLY