PonPes Al Hikmah 2 Brebes, mendidik santri salaf hingga Akademi Perawat Al Hikmah

0
7664

Madrasah ini bernama Madrasah Aliyah Alhikmah 2 ( baca : MALHIKDUA SCHOOL). Lahir dari sebuah lembaga non formal yakni pondok pesantren. Secara resmi kelembagaan, MA Alhikmah 2 Benda mengajukan izin operasional mulai tahun 1990 ke Departemen Agama. Namun sebenarnya Madrasah ini sudah ada sejak 1981, yang kala itu masih bergabung dengan Madrasah Muallimin dan Muallimat. Seiring perkembangan siswanya ( th 1981) yang tidak memuaskan, maka pihak yayasan mencoba menempelkan label Negeri dengan maksud untuk menarik calaon siswa baru, maka jadilah pada tahun 1983 sampai dengan 1987 MA Alhikmah 2 menjadi Madrasah Aliyah Fillial MAN Babakan. Namun masa-masa ini tidak berlangsung lama, 1990 pihak pengelola mengajukan permohonan baru untuk pendirian MA Alhikmah 2 Swasta, dan pada tanggal 30 Oktober 1990 Departemen Agama mengeluarkan SK No. WK/5.d/210/Pgm/MA/1990 dengan jurusan A1,A2 ( Jurusan Agama dn IPS) . Jumlah siswa pada saat itu hanya sekitar 160 ( 90 Siswa jurusan Agama, 70 Siswa Jurusan IPS)

Info Unggulan

10.000 Santri Al-Hikmah Pakai Telepon dan SMS dari Telkomsel

BREBES – Telkomsel memberikan layanan Kartu Perdana murah dan berkualitas kepada Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Sirampog, Brebes. Kerja sama ini terjalin dalam peringatan HAUL ke-2 wafatnya Almarhum Almaghfurlahu KH Moh Masruri Bin Abdul Mughni.

Kartu khusus ini memiliki fitur-fitur unggulan seperti telepon dan SMS tanpa batas kepada sesama pengguna kartu perdana Al-Hikmah 2 beserta keluarga besarnya.

Telkomsel bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 untuk mendukung kegiatan serta solusi layanan komunikasi murah Pondok Pesantren.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani Selasa (5/11/2013) oleh Rukmono Cahyadi, GM Sales & Customer Care Telkomsel Regional Jateng & DIY dan Muhammad Imaduddin Masruri, Ketua Humas Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Brebes.

Kerjasama tersebut berupa pemberian layanan kartu perdana khusus yaitu Kartu As Al-Hikmah 2 yang diperuntukan bagi 10.000 santri Pondok Pesantren dengan fasilitas telepon dan SMS tanpa batas antar sesama pengguna kartu Al-Hikmah 2.

Hanya dengan mengisi Rp 10.000 tiap bulannya kartu tersebut GRATIS telepon dan SMS 24 Jam ke semua Kartu Al-Hikmah 2 selama kartu tersebut aktif.

Ada yang berbeda dengan kartu komunitas ini yaitu Telkomsel memberikan fasilitas berupa NSP Tausiyah KH Masruri Abdul Mughni untuk diakses dan disosialisasikan ke dalam komunitas keluarga besar Pondok Pesantren. Pada kesempatan ini pula Telkomsel memberikan Bantuan Operasional dan Modal Usaha sebagai penunjang Program Entrepreneur santri.

Rukmono Cahyadi mengatakan, melalui kerjasama Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 ini Telkomsel memberikan fasilitas telekomunikasi yang lebih terjangkau kepada seluruh keluarga besar Pondok Pesantren yang berjumlah 10.000. Tak hanya bisa telpon dan sms murah santri juga dapat menikmati fasilitas NSP Tausiyah KH. Masruri Abdul Mughni.

“Selain itu, Telkomsel juga memberikan bantuan operasional dan modal usaha, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk menunjang Program Entrepreneur santri,” ujarnya seperti dikutip dari rilis yang diterima Tribun Jateng, Selasa (5/11/2013) malam.

Pendidikan

pendidikan diantaranya Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah Tamrinnusibyan (MIT), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) 2 Terpadu, SMK Wicaksana (Program Keahlian Farmasi dan Keperawatan), Madrasah Muallimin Muallimat (MMA) Khusus kitab kuning, AKPER (Akademi Keperawatan), Ma’had Aly, serta sekolah tinggi agama islam AL hikmah (STAIA).

Hasil gambar untuk Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Brebes

MA

Hasil gambar untuk smk wicaksana al hikmah sirampog kabupaten brebes

SMK

Hasil gambar untuk sma alhikmah 2 benda

SMA

Hasil gambar untuk Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Brebes
Akper

Fasilitas lembaga pendidikan :

pendidikan diantaranya Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah Tamrinnusibyan (MIT), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) 2 Terpadu, SMK Wicaksana (Program Keahlian Farmasi dan Keperawatan), Madrasah Muallimin Muallimat (MMA) Khusus kitab kuning, AKPER (Akademi Keperawatan), Ma’had Aly, serta sekolah tinggi agama islam AL hikmah (STAIA).

Fasilitas Santri :

1.     Masjid jami’ dua lantai seluas 20×30 meter
2.     Masjid an nur dua lantai seluas 30×30 meter
3.     Gor (ruang serba guna) seluas 30×30 meter
4.     Asrama putra 75 kamar dan asrama putri 93 kamar
5.     Asrama ptq 51 kamar
6.     Gedung sekolah yang terdiri dari : SMP 20 ruang, SMA 16 ruang, MTs 18 ruang, MA 35 ruang, MAK 12 ruang, MMA 14 ruang, SMK 9 Ruang dan AKPER 8 ruangan, Ma’had Aly Dan STAIA 12 ruang.
7.     Lab. IPA dan perpustakaan 2 unit
8.     Taman anggrek
9.     Kolam ikan
10. Workshop komputer, tata busana, perikanan dan pengelasan
11. Lab. Ava ( audio Visual )
12. Studio Radio Tsania Fm
Foto Ponpes Al-Hikmah-2 Benda - Sirampog - Brebes.
Gambar terkait
Gambar terkait
Aula/Gor
 Hasil gambar untuk Studio Radio Tsania Fm

Ekstrakurikuler

Diluar kegiatan Pesantren dan Sekolah, santri Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan ekstra Pesantren sesuai dengan minat masing-masing santri, diantaranya :

1. LFA ( Lajnah Falakiyah Al-Hikmah)

Konsentrasi pembelajaran ilmu falak dibawah bimbingan langsung Gus Nasyar Alamuddin Masruri

2. GEPA (Gerbang Pena Al-Hikmah )

Wadah kreatif bagi santri yang ingin bergelut di bidang penulisan sastra seperti cerpen, puisi, dan novel dibimbing para penulis alumni Pesantren

3. Corat-Coret

Konsentrasi pembelajaran pada berbagai kreatifitas tangan sepeti, kaligrafi, karikatur, seni gambar

4. Broadcaster ( Pernyiaran)

Konsentrasi pembelajaran pada bidang penyiaran dan adverstising radio, praktek langsung di radio Tsania FM, radio Pondok Pesantren Al-Hikmah 2

5. Jurnalistik

Konsentrasi pembelajaran pada bidang ilmu jurnalistik melalui majalah Pondok, El-Waha dan website Pondok.

6. Hadrah

Konsentrasi pembelajaran pada seni hadrah modern bersama grup shalawat Pondok, Alhikmah sholawat

Adapun program Spesifikasi life Skiil pilihan dan Ekstra yang terselenggara di Madaris Pondok Pesantren Al-Hikmah 2, meliputi :

  1. Tata Busana
  2. Perikanan
  3. Las Gas dan Listrik
  4. Operator Komputer
  5. Bahasa Inggris
  6. Bahasa Arab
  7. Marching Band
  8. Seni Calung
  9. Marawis
  10. Paskibra

Gambar terkait

Silat
Paskibra
Gambar terkait
Basket
Gambar terkait

LEAVE A REPLY