SGTP : Kisah Jejak Hujan Membawa Berkah di Kampung Usili

0
770

Jejak hujan terlihat nyata begitu saya dan mas Triantoro Pbg akan memasuki Usili. Tanah bentukan ban-ban truk yang tak teratur menghadang kami. Genang air dan licin tanah membuat kami harus memilah dan memilih jalan yang aman.

Bapak Muhtadi yang anggota Babinsa bersama beberapa teman yang lain sudah ada di sana. Termasuk pasangan pejuang Mbah Gimbal Lovely Scooters – mbak Tia Putri Nugraha. Waktu itu kurang lebih jam setengah sebelas. Matahari sangat panas meski seminggu ini hujan tak pernah absen menumpah di tanah Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Semuanya sudah sibuk meski belum semua relawan dan warga datang. Tak lama kemudian, satu per satu mereka berdatangan. Diantaranya yaitu mas Rahim Sulchan. Kerja bakti pun terus berlanjut hingga puncak siang.

Pada puncak siang itulah, waktu istirahat, anak-anak dikumpulkan. Dibawah tenda tempat istirahat mereka duduk dengan air muka bahagia. Tentu, karena mereka tahu akan diberi pakaian. Meski tidak baru, tapi pakaian yang masih layak pakai itu sangat berharga bagi mereka.

Ketika acara bagi pakaian itu berlangsung, terkadang kami keliru-keliru. Anak perempuan dikasih pakaian anak laki-laki, sebaliknya anak yang laki-laki diberi pakaian anak perempuan. Kami dan mereka pun sama-sama tertawa. Untuk memudahkan, mereka pun dipisah. Anak perempuan sebelah barat dan sebelah timur anak laki-laki.

AlhamduliLlah, semua anak tak ada yang tidak kebagian. Karena ada beberapa pakaian dewasa dan orang tua, mereka yang tua dan dewasa pun ikut kebagian pula. Betapa bahagianya mereka. Betapa sederhananya mereka memperoleh rasa bahagia yang selama ini konon diburu seluruh umat manusia.

Tapi sayang, kerja bakti yang baru dimulai lagi sehabis jeda istirahat itu tak bisa dilanjutkan lantaran turun hujan. Batalah agenda pemasangan seng hari itu. Tapi, biarlah. Hujan pasti punya tujuan sendiri kenapa dia harus turun ke bumi.

Akhirnya, terimakasih banyak kepada para donatur yang telah sudi berbagi pakaian dengan anak-anak suku Kokoda di Usili. Semoga dibalas berlipat ganda dan dicatat sebagai investasi kebaikan oleh-Nya di akhirat nanti.

#SantriGoesToPapua #ppmAswaja #LTN_NU #peduliPapua

LEAVE A REPLY