Kongkow Sufi-4 : Mewujudkan Profesionalitas bernilai ibadah

0
1124

ks4-foto3

Kajian Kongkow Sufi bulanan ke-4 PPM Aswaja dipenuhi jamaah, hampir seluruh kursi yang disediakan terisi oleh jamaah. Adapun tema kajian kali ini adalah: mewujudkan aktifias profesional menjadi ladang ibadah yang menggairahkan.

Pengasuh Kongkow Sufi KH M Luqman Hakim, Phd menyampaikan materi tentang beberapa instrumen dan bagian-bagian dalam diri dan jiwa seseorang yang terlibat dalam proses terjadinya sebuah amal seseorang.

Berawal dari fadoil nikmat yang terpancar dan diberikan oleh Allah akan ditangkap menjadi sebuah Nur seseorang. Dari Nur yang baik akan memancar dan memunculkan ihwal lalu berbuah adab, akhlaq dan pada ujungnya akan menjadi output berupa a’mal.

Jika nur yang diterima oleh seseorang mempengaruhi qalbu dan sirr seseorang maka akan muncul output amal kebajikan atas diri orang tersebut dan sebaliknya jika nafsu kita lebih dominan dari nur yang ada di sanubari kita maka amal buruklah yang akan muncul dan dihasilkan atas diri seseorang.

Tips agar segala apa yang kita kerjakan menjadi bernilai ibadah, kita harus berikhtiyar dan bermujahadah untuk selalu berusaha menghadirkan Allah dalam segala langkah dan pekerjaan yang kita lakukan.

Jika kita mampu menghadirkan Allah dalam aktifitas kerja kita maka semua pekerjaan kita akan menjadi terasa lebih ringan dan bernilai ibadah sehingga kerja kita bisa lebih produktif dan menggairahkan. (mks)

LEAVE A REPLY