Wisata Religi Rembang

0
615

Kabupaten Rembang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Rembang. Kabupaten ini berbatasan dengan Teluk Rembang (Laut Jawa) di utara, Kabupaten Tuban (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Blora di selatan, serta Kabupaten Pati di barat.

Makam pahlawan pergerakan emansipasi wanita Indonesia, R. A. Kartini, terdapat di Kabupaten Rembang, yakni di Desa Bulu yang masuk ke jalur Rembang-Blora (Mantingan).

Wisata Religi Rembang

Petilasan Sunan Bonang

Sunan Bonang atau memiliki nama asli Raden Makdum Ibrahim merupakan salah satu dari walisongo yang merupakan penyebar agama Islam di Tanah Jawa. Di desa Bonang, Kecamatan Sluké, Kabupatèn Rembang terdpat sebuah petilasan Sunan Bonang atau lebih tepatnya pasujudan Sunan Bonang yang saat ini sering dikunjungi masyarakat. Pesujudan ini merupakan sebuah batu yang konon katanya dahulu digunakan oleh Sunan Bonang untuk bersujud agar dapat mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Saking lamanya sujud Sunan Bonang ini sehingga batu yang dijadikan alas sujudnya meninggalkan bekas. Pasujudan Sunan Bonang ini saaat ini dikeramatkan oleh warga dan menjadi wisata religi tersendiri bagi warga Kabupaten Rembang dan sekitarnya.

Situs Kota Sejarah Lasem

 

Kota Lasem yang terdapat di sebelah timur Kota Rembang merupakan kota yang unik di Kabupaten Rembang. Kota Lasem dikenal sebagai tempat pendaratan pertama warga etnis Tionghoa di Tanah Jawa. Jejak-jejak sejarah Kota Lasem ini sampai sekarang masih dapat dilacak dengan peninggalan berbagai macam bangunan yang masih terjaga keasliannya. Di Kota Lasem terdapat perkampungan Tinghoa yang sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah di Lasem. Adanya nuansa kental etnis Tionghoa ini menjadikan Lasem dijuliki sebagai “Tiongkok Kecil”. Namun dalam perkembangannya Kota Lasem juga terpengaruh oleh Agama Islam yang disebarkan oleh para wali. Hal ini mengakibatkan jumlah muslim juga banyak di Kota ini, bahkan Kota Lasem juga dijuluki dengan Kota Santri, dimana di kota ini banyak terdapat pesantren yang bahkan diantaranya dipimpin Kyai Kharismatik seperti Sayid Abdurrahman Basyaiban (Mbah Sambu), KH. Baidhowi, KH. Khalil, KH. Maksum, KH. Masduki dll.

Image result for Masjid Jami' Lasem

Masjid Jami’ Lasem

 

Makam Raden Adjeng Kartini

Raden Adjeng Kartini atau R.A Kartini merupakan pahlawan emansipasi wanita yang lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Hari lahirnya kemudian ditetapkan sebagai Hari Kartini, dimana hari itu didedikasikan untuk menghormati jasa-jasa beliau dalam memperjuangkan emansipasi wanita, dimana pada waktu itu kedudukan wanita masih dianggap rendah dibanding dengan kaum pria. Lalu kenapa makam R.A Kartini berada di Rembang ? Sepertinya tak banyak yang tahu bahwa semasa hidupnya RA. Kartini menikah dengan seorang Bupati Rembang yang menjabat waktu itu yaitu K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. R.A. Kartini Wafat di Rembang pada 17 September 1904 dan makamnya dimakamkan di desa Bulu Kecamatan Bulu terletak 17,5 Km ke arah selatan kota Rembang. Makam RA Kartini ini menjadi salah satu wisata bersejarah di Kabupaten Rembang. Pada musim liburan, tak ada salahnya membawa keluarga anda untuk berkunjung dan berziarah ke makam RA Kartini ini sambil belajar sejarah tentang jasa-jasa beliau.

Kuliner

Makanan Khas

  • Sayur Merica

Sup yang berbahan dasar ikan tuna (biasanya disebut sebagai tongkol) dan memiliki cita rasa pedas dari cabai rawit dan lada putih yang digunakan sebagai bumbu.

  • Sate Sarepeh

Sate ayam kampung yang bumbunya terdiri dari cabai merah, gula merah, santan, dan garam.Biasa dimakan sebagai lauk pauk atau disajikan dengan lontong.

  • Mangut

Sayuran yang berisi ikan laut panggang dengan bumbu-bumbu cabai hijau, bawang merah, bawang putih, garam, dan santan kental.

  • Pindang Tempe

Tempe yang dimasak dengan bumbu-bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, asam (tomat) garam dan air. Biasa ditambahkan dengan ikan pindang. Sebagai sayur untuk makan siang (menu sehari-hari).

  • Petis Bumbon

Makanan berbahan dasar petis untuk makan siang/malam yang terbuat dari bahan-bahan petis ikan/udang, telur (bisa dadar ataupun rebus) dengan bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, kunyit, lengkuas, daun jeruk purut, garam, dan ditambah santan kental.

  • Lontong Tuyuhan

Lontong dengan opor ayam kampung pedas khas desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur.

  • Terasi Petis Bonang

Terbuat dari udang/ikan segar dengan proses pemanasan, yang banyak diproduksi di Desa Bonang, Kecamatan Lasem. Aroma dan rasanya enak.

Image result for Sate Srepeh

Sate Sarepeh

Image result for Lontong Tuyuhan

Lontong Tayuh

Image result for Sayur Merica

Sayur Merica

Image result for Pindang Tempe

Pindang Tempe

Oleh-oleh

Oleh-oleh Kabupaten rembang, yaitu:

  • Buah Kawis
  • Sirup Kawis
  • Legen
  • Siwalan
  • Duku Woro
  • Kaoya Dudul
  • Jenang Waluh
  • Kacang Pres

Image result for Buah Kawis

Kawis

Image result for Buah Kawis

Sirup Kawis

Image result for Kaoya Dudul

Kaoya

Image result for Jenang Waluh

Jenang Waluh

Image result for kacang pres

Kacang Press

LEAVE A REPLY