Wisata Religi Kabupaten Demak

0
807

1. Wisata Religi Masjid Agung Demak

Obyek wisata di demak yang pertama adalah masjid Agung Demak yang memiliki nilai sejarah. Masjid agung Demak merupakan masjid peninggalan wali songo dan juga sultan Fatah. Usia masjid agung Demak ini pun sudah sangat tua yaitu sekitar 500 tahun.Image result for wisata demak indonesia

Tidak hanya mempunyai cerita sejarah tentang pendirinya, dilihat dari bentuk bangunannya pun ternyata mempunyai filosofi yang mempunyai arti begitu menarik. Yaitu, bangunan masjid ini mempunyai 3 trap pada atap yang mempunyai arti islam, iman dan ihsan.

Masjid tersebut juga mempunyai 4 buah tiang penyangga yang di buat langsung oleh wali dan juga 8 tiang penyangga serambi masjid yang merupakan pemberian dari raja majapahit, raja majapahit tersebut merupakan ayah dari sultan fatahillah.

Dari desain masjid tersebut juga telah mejadi inspirasi bagi masjid-masjid lainnya dan sekaligus menjadi ciri khas bangunan masjid yang ada di Indoneisa.

2. Museum Masjid Agung Demak

Museum Masjid Agung DemakTempat ini lokasinya ada di utara Masjid Agung Demak. Di sini terdapat beragam peninggalan diantaranya adalah serat-serat dan kitab yang ditulis oleh para wali, bedug, pintu asli masjid ketika awal pembangunan, gentong dari Campa, miniatur masjid, serta ilustrasi bentuk masjid sejak 500 tahun lalu sampai dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada bangunan tersebut (setelah renovasi). Museum Masjid Agung Demak ini bisa terlihat dari jalur pejalan kaki yang ada di luar masjid Demak. Di selatan dari Museum ini, pengunjung bisa melhat tempat wudhu yang dilingkari oleh pagar dan juga rantai. Tempat wudhu jaman dahulu seringnya berbentuk kolam dan bisa digunakan untuk bersama sama. Kolam tersebut diberikan pagar dan rantai agar tidak ada pengunjung yang menyentuh air kolam tersebut. Hal itu dikarenakan air kolam tersebut masih ada. Museum ini tidaklah terlalu luas, di bagian tengah museum terdapat soko asli hasil peninggalan dari guru masjid yang asli. Ada beragam koleksi yang bisa pengunjung temukan disini diantaranya adalah koleksi kitab suci kuno al Qur’an lengkap 30 juz, koleksi kitab tersebut berada di dalam lemari kaca dan kondisinya masih bagus. Koleksi lainnya adalah koleksi kayu tiang tatal yang dibuat oleh Sunan Kalijaga, Kap Lampu peninggalan Paku Buwono dan masih banyak lagi koleksi lainnya.

 3. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan KalijagaSunan Kalijaga yang terkenal sebagai salah satu wali penyebar ajaran islam di tanah Jawa ini makamnya berada dekat dengan Masjid Agung Demak (daerah Kadilangu). Cara penyebaran ajaran islam yang dilakukan sangat bijak, beberapa diantaranya adalah lewat tembang-tembang Jawa serta seni wayang. Sunan Kalijaga adalah salah satu sunan yang sangat disegani oleh masyarakat kala itu, dia meninggal di Demak. Makam ini sering dikunjungi oleh peziarah dalam berbagai wilayah di Indonesia aterutaam yang beragama islam.

4. Makam Raja Demak

makam Raja DemakMemang Demak merupaka kota yang penuh sejarah dan juga penuh dengan hal yang bebrau agamis. Tempat wisata selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai wisata budaya dan sejarah adalah Makam Raja-raja Demak. Letaknya di bagian utara Masjid Agung Demak, tepatnya Desa Kauman, Demak. Makam yang ada di sini antara lain adalah Makam Pangeran Trenggono, Raden Patah, Syekh Maulana Maghribi, sampai dengan Arya Penangsang.

Ketika anda masuk ke dalam Masjid Demak anda kan menemukan serambi yang berada di kolam untuk tempat wudhu.  Serambi itu ada lorong penghubungnya, lorong itu disertai dengan dua belokan. Jika anda mengambil arah kanan, anda akan berjalan menuju ke Museum Masjid Agung Demak. Jika anda mengambil arah kiri, anda bisa menemukan makam raja raja Demak jaman dahulu. Makam Raja Demak itu terawat dengan baik dan ada juru kunci yang selalu merawat makam dengan baik. Di dalam makam tersebut ada beberapa bangunan misalnya saja adalah Pendopo, Paseban yang digunakan peziarah untuk duduk dan menghadap makam, makam kasepuhan, makam kanoman dan masih banyak lagi lainnya. Makam kasepuhan terdapat makam Raden Patah, Raden Patiunus dan permaisuri Raden Patah. Maka yang tidak lazim adaah makam Pangeran Benawa yang terlihat lebih panjang dibandingkan dengan makam yang lainnya.

Even atau kegiatan tradisional :

Kabupaten Demak terdapat beberapa acara, yaitu:

  • Grebeg Besar Demak, di Bintoro
  • Demak Expo, di Bintoro
  • Uler-Uler, di Jungsemi
  • Megengan, di Bintoro
  • Ancaan, di Kadilangu
  • Pesta Sedekah Laut, di Morodemak
  • Demak Fair, di Bintoro

Image result for Grebek Pasar di Kabupaten Demak

Grebek Demak

Image result for Pesta Sedekah Laut, di Morodemak

Pesta Sedekah Laut

 

Image result for Uler-Uler, di Jungsemi

Uler-Uler

Wisata Kuliner Demak

Berikut ini adalah kuliner demak yang wajib untuk anda coba :

  1. Asem-Asem Daging

Asem-Asem Daging demak Jika anda tengah menikmati liburan di Demak, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Demak yang satu ini. Namanya asem-asem daging, disajikan dengan tampilan menarik, punya rasa segar dan harga cukup terjangkau (sekitar Rp 15.000,- per porsinya). Salah satu tempat asem-asem daging yang mantap ada di dekat alun-alun Demak bernama Rumah Makan Rahayu. Rasa dari asem asem daging ini pun sama dengan asem asem lainnya yaitu rasa segar dan juga pedas.

Demak terkenal dengan asem asem dagingnya, oleh sebab itu jika anda ingin merasakan asem asem daging yang khas anda harus daang ke Demak. Anda tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini, sebab anda akan merasakan kesegaran dan kelezatan dari asem asem daging tersebut. Jika cuaca sedang dingin, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini.

 

  1. Sop Kikil Khas Demak

sop Kikil Khas DemakSalah satu kuliner Demak yang unik adalah sop kikil. Ya, sop ini bahan dasarnya adalah kikil. Dengan teknik pengolahan yang baik, kikil yang dicampur dalam sop sudah tidak terasa alot lagi. Kuahnya beraroma rempah dengan sedikit bau kikil. Bila anda ingin menikmati makanan yang satu ini yang rasanya maknyus di Demak, salah satuya ada di Jalan Lingkar Demak, Rumah Makan Ismun 3.

Selama ini sop kebanyakan berisi daging ayam dan juga daging ssapi, namun kekhasan dari masakan ini adalah sopnya tidak berisi daging namun berisi kikil. Tahukah anda apa kikil itu?, kikil adalah bagian yang ada di kaki dan kepala sapi. Meskipun berasal dari kaki atau kepala kaki, kikil memiliki daging yang khas dan juga enak. Penyuka kikil menyukai tekstur kikil yang kenyal dan juga lembut. Selama ini kikil sering diolah menjadi tumis atau oseng oseng kikil, brongkos kikil, sate kikil, soto kikil dan juga sop kikil. Saat cuaca dingin sebaiknya anda jangan melewarkan sop kikil ini. Kuah dari sop dan rasa dari daging kikilnya yang khas akan menyebabkan anda ketagihan untuk merasakannya kembali.

 

Oleh-oleh

Demak memiliki beberapa oleh-oleh khas, yaitu:

  • Belimbing Demak
  • Jambu Demak (Jambu Citra Delima)
  • Koktail Belimbing Bintang 5
  • Jus Belimbing Bintang 5
  • Sirup Belimbing Bintang 5
  • Kerupuk Catak
  • Kerupuk Udang Tambak

Itulah beberapa tempat wisata di Demak yang bisa anda kunjungi. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Demak sebab berwisata ke Demak tiada lengkap tanpa mencicipi kuliner khas yang ada di Demak.

LEAVE A REPLY