PPM Aswaja Luncurkan Search Engine dan Ensiklopedi Aswaja

0
199

Jakarta, NU Online
Persaudaraan Profesional Muslim Ahlussunnah wal Jama’ah atau PPM Aswaja, sebuah perkumpulan warga NU yang bergiat di bidang teknologi informasi (IT), Senin (15/4) malam, meluncurkan Search Engine Aswaja NU dan Ensiklopedi Digital Aswaja NU bersamaan dengan serah terima Ketua LTN baru di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat.

Menurut Ketua PPM Aswaja Hari Usmayadi, tahun 2000-an terbentuk komunitas dalam bentuk Forum Komunikasi Dakwah Islam Aswaja (FKDIA) yang beranggotakan warga NU yang aktif dalam diskusi di dunia online dan penerbitan buletin. Selanjutnya, pada 2007 forum ini dilegalisasi dalam bentuk Yayasan.

“Tahun 2010 kami merevitalisasi kegiatan menjadi PPM Aswaja beranggotakan kultural employee dan entrepreneur dengan lingkup garapan mengisi bagian yang belum tergarap oleh NU di dunia online,” katanya.

Search Engine Aswaja NU dan Ensiklopedia Digital Aswaja NU yang dikreasikan oleh PPM Aswaja merupakan program yang terus diperkaya dan disempurnakan seiring peran dakwah Aswaja.

“Kontribusi sederhana dari PPM Aswaja tersebut dapat disinergikan untuk saling mengisi dan mendukung dalam kerangka dakwah NU di dunia online,” kata Usmayadi.

Search Engine Aswaja yang beralamat di http://www.aswajanu.com adalah mesin otomatis pencari rujukan atas problem, pertanyaan, dan ajaran dengan hanya memasukkan kata kunci. Rujukan berasal dari daftar hasil pencarian berupa halaman-halaman website dengan urutan ranking paling sering digunakan.

Sementara Wiki Aswaja NU yang beralamat di http://wiki.aswajanu.com adalah ensiklopedi online seperti Wikipedia yang menyediakan berbagai informasi yang diperkaya dengan berbagai layanan agar lebih menarik, seperti video streaming  yang terus berkembang seiring waktu.

Wiki Aswaja berisi berbagai informasi seputar ajaran Aswaja, biografi dan sanad keilmuan ulama, kitab-kitab kuning, perkembangan Islam Nusantara, Indonesia sebagai mercusuar dunia, dan berbagai hal tentang Nahdlatul Ulama.

Menurut Usmayadi, Search Engine dan Ensiklopedia Aswaja NU ini dikreasikan dalam rangka menjawab tantangan dakwah di era “masyarakat instan” sekaligus merespon ulah dari kelompok penebar perpecahan di dunia maya.

LEAVE A REPLY